Selamat Datang di Website Resmi Desa Pengotan, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Pengotan untuk seluruh masyarakat. Thank You for visiting the official website of Pengotan Village, Bangli District, Bangli Regency www.pengotan.desa.id. Comments and suggestions we ask for the development of pengotan village information and come to visit the pengotan village TETAP BERADA DIRUMAH, JANGAN KELUAR DESA, JANGAN BERKERUMUNAN, GUNAKAN MASKER, JAGA KESEHATAN DAN KEBERSIHAN DI BR YOH AKAN DILAKSANAKAN VAKSIN MASAL TGL. 10 DES 2021 SILAH....

Artikel

Pernikahan Masal Desa Pengotan

29 Agustus 2020 11:33:46  adminpengotan  1.124 Kali Dibaca  Berita Desa

Pelaksanaan kegiatan upacara nganten masal yang dilaksanakan di Desa Pengotan sabtu,29 agustus 2020 yang diikuti oleh 28 pasang penganten baik yang menikah antar Desa maupun yang keluar Desa Pengotan. 

kegiatan ini dilaksanakan oleh Desa Adat Pengotan diselenggarakan olehdoleh jero dulu Desa Adat PengotantPengotan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dalam pelaksanaan kegiatan berlangsung dan menggunakan nomor urut yang dipandu oleh Bendesa Adat Pengotan I Wayan Kopok, yang didampingi oleh Perbekel Desa Pengotan I Kadek Yastawan.

pelaksaan nganten masal yang dilaksanakan hari ini berbeda dari yang sudah sudah dilaksanakan terdahulu, yang biasanya dilakanakan perosesnya secara bersamaan hari ini dibatasi hanya 4 pasang yang bergiliran untuk melaksanakan peroses dari "1.bakti pekala kalaan, (pembersihan diri), 2.Bale nganten dengan pemberian sirih yang dikunyah (perubaha status), 3.persembahyangan kesanggar Agung (persembahyangan pertama sebagai suami istri kepada Ida Sangyang Widi Wasa),  4. Bale Agung Bedawan dengan mengaturkan Damar Kurung (dalam peroses kehidupan yang baru) 5. peroses mepamit di setiap pelinggih(dadya) kawitan dan kemulan yang ada di Desa Pengotan sampai rumah Pengantin masing masing. 

I Nengah Gunawan "kedepanya diharapkan tetap menerapkan peroses seperti ini agar memudahkan kepada para jero Dulu  Deda Adat dalam "Ngadegang Kawas ring Bale Agung Bedawan dan Bale Agung Gelagah".

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Info Media Sosial

Peta Desa

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:596
    Kemarin:1.046
    Total Pengunjung:803.641
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.162.124.193
    Browser:Tidak ditemukan