You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Pengotan

Kec. Bangli, Kab. Bangli, Prov. Bali

Pernikahan Masal Desa Pengotan


Pernikahan Masal Desa Pengotan

Pelaksanaan kegiatan upacara nganten masal yang dilaksanakan di Desa Pengotan sabtu,29 agustus 2020 yang diikuti oleh 28 pasang penganten baik yang menikah antar Desa maupun yang keluar Desa Pengotan. 

kegiatan ini dilaksanakan oleh Desa Adat Pengotan diselenggarakan olehdoleh jero dulu Desa Adat PengotantPengotan dengan mematuhi protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker dalam pelaksanaan kegiatan berlangsung dan menggunakan nomor urut yang dipandu oleh Bendesa Adat Pengotan I Wayan Kopok, yang didampingi oleh Perbekel Desa Pengotan I Kadek Yastawan.

pelaksaan nganten masal yang dilaksanakan hari ini berbeda dari yang sudah sudah dilaksanakan terdahulu, yang biasanya dilakanakan perosesnya secara bersamaan hari ini dibatasi hanya 4 pasang yang bergiliran untuk melaksanakan peroses dari "1.bakti pekala kalaan, (pembersihan diri), 2.Bale nganten dengan pemberian sirih yang dikunyah (perubaha status), 3.persembahyangan kesanggar Agung (persembahyangan pertama sebagai suami istri kepada Ida Sangyang Widi Wasa),  4. Bale Agung Bedawan dengan mengaturkan Damar Kurung (dalam peroses kehidupan yang baru) 5. peroses mepamit di setiap pelinggih(dadya) kawitan dan kemulan yang ada di Desa Pengotan sampai rumah Pengantin masing masing. 

I Nengah Gunawan "kedepanya diharapkan tetap menerapkan peroses seperti ini agar memudahkan kepada para jero Dulu  Deda Adat dalam "Ngadegang Kawas ring Bale Agung Bedawan dan Bale Agung Gelagah".

Bagikan artikel ini:
Komentar